Menurut Muhibbin Syah
(1995 : 132) secara global, faktor yang mempengaruhi belajar siswa dapat di
bedakan menjadi tiga macam, yaitu :
- Faktor internal (faktor dari dalam diri siswa)
merupakan
keadaan / kondisi jasmani dan rohani siswa. Pada faktor internal ini di bagi
lagi kedalam dua aspek yaitu psikologis dan aspek fisiologis. Aspek psikologis
merupakan aspek yang dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas perolehan
pembelajaran siswa yang meliputi intelegensi, sikap siswa, bakat siswa, minat
siswa, motivasi siswa. Sedangkan aspek fisiologis yaitu aspek yang dapat
mempengaruhi semangat dan intensitas siswa dalam mengikuti pelajaran.
- Faktor eksternal (faktor dari luar siswa)
faktor
eksternal siswa meliputi dua macam yaitu faktor dari lingkungan sosial dan
faktor lingkungan non sosial yang keduanya sama – sama mempunyai pengaruh yang
besar terhadap diri siswa.
- Faktor pendekatan belajar
pada
pendekatan belajar ini meliputi strategi, metode dan segala hal yang
berhuibungan dengan proses pembelajaran. Pendekatan belajar ini merupakan suatu
cara atau strategi yang di gunakan siswa dalam menunjang efektifitas dan
efisisensi proses pembelajaran tertentu.
Pembelajaran berbasis IT
Pembelajaran
berbasis IT merupakan pembelajaran yang memadukan antara suatu proses
pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran. Media terdebut bersifat
teknologi, baik itu berupa iternet, penggunaan video, LCD (infokus) dan
lain-lain. Suatu proses pembelajaran berbasis IT sangat memungkinkan siswa
untuk bisa bereksplorasi, berkreatifitas , menyesuaikan diri dengan
perkembangan zaman, dan tentunya menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
- Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
- Mampu menimbulkan rasa senang selama pembelajaran berlangsung, sehingga akan menambah motivasi belajar siswa;
- Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mengukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran
- Mampu memvisualisasikan materi yang abstrak;
- Media penyimpanan yang relatif gampang dan fleksibel;
- Membawa obyek yang sukat didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar;
- Menampilkan objek yang terlalu besar ke dalam kelas; dan
- Menampilkan objek yang tidak dapat dilihat secara langsung.
Oleh
karena itu, IT sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan prestasi akademik
karena dapat
mempermudah proses belajar mengajar, selain itu hal tersebut membuat proses
belajar mengajar menjadi lebih evektif dan efisien. Penggunaan media terutama
media yang berbasis IT selain dapat membantu siswa dalam pembelajaran juga
menambah ilmu pengetahuan kepada siswanya tentang bagaimana menggunakan
teknologi dalam pembelajaran.
Referensi :
- Rustanto, Rivka. 2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi
belajar demi mencapai performance akademi yang baik dikalangan mahasiswa. Yogyakarta
: Universitas Katolik Soegijapranata.
0 komentar:
Posting Komentar